Memulai Bisnis Online II

Membuat Blog

Seperti sebelumnya, blog ini hanya untuk pemula, maaf....... bagi mereka yang sudah ahli atau pakar silahkan lewat saja. Tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber dan bukan maksud untuk menggurui anda, karena saya pun tidak jauh lebih pintar dari anda.
Setelah anda menyiapkan segala sesuatunya maka, sampailah pada pembuatan blog yang merupakan sarana penting untuk memulai bisnis online. Tanpa blog sama juga bohong.
Bisnis online sebenarnya tidak semudah yang anda bayangkan, jangan terlalu tergoda dengan informasi yang menyesatkan. Perlu waktu dan proses untuk membangun bisnis online. Bagi anda yang masih pemula seperti saya, tentunya perlu mempertimbangan beberapa hal, terutama untuk menghindari kerugian atau kegagalan.
Sebagai langkah awal gunakan layanan gratis untuk membuat blog , sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Kalaupun nanti bisnis online anda berkembang dengan baik maka anda baru mempertimbangkan untuk menyewa atau membeli domain dan hosting (yang akan saya tulis pada materi selanjutnya).

Pertanyaan yang sering muncul, mengapa harus nge-blog?
Sebenarnya berbagai kepentingan telah memotivasi banyak orang untuk masuk dan eksis di dunia maya sebagai blogger. Secara garis besar terdapat dua kepentingan utama, yaitu kepentingan yang bersifat non ekonomis dan ekonomis.

Kepentingan yang bersifat non ekonomis lebih mengarah pada pemanfaatan blog platform sebagai :
1.Posisioning/grouping, yaitu agar dirinya tidak lagi disebut sebagai koloni
'gagap teknologi ' dan masuk pada koloni terhormat, yakni yang mengerti dan
memahami teknologi.
2.Sarana untuk aktualisasi, untuk menuangkan ide-ide atau pemikiran,
menunjukan hasil kreativitas, mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan, mengekspresikan keinginan berkomunikasi dan informasi serta
aktifitas lainnya.

Sedangkan alasan yang bersifat ekonomis mengarah pada pemanfaatan blog sebagai :
1.Saran pengembangan bisnis, karena melalui blog kita dapat mempromosikan
usaha, produk ataupun pelayanan jasa secara efektif dan murah/gratis dengan
jangkauan global.
2.Ladang dollar melalui aktivasi AdSense.

Manfaat blog sangat besar sekali, ngelog juga bisa dapat duit dan bisa bikin duit, bagi mereka yang sudah mahir tentunya bisa mendapat ratusan ribu
dollar dalam satu hari.

Berbagai Situs Penyedia Jasa Blogging

1.Blogger, salah satu tool tertua yang memperkenalkan apa itu blog. Blogger sekarang sudah menjadi bagian dari google, dan tetap gratis seperti dulu. Kelebihan blogger terletak pada kemudahannya dalam mengorganisasi plugins, iklan, mengubah template, meng hack template dan berbagai kemudahan lainnya. Untuk masuk ke blogger klik saja www.blogger.com

2.Blog City, salah satu blog senior dalam dunia weblogger. Sifatnya sangat simple dan gratis. Fitur-fitur yagn ada didalamnya tidak terlalu kaya, salah satu fiturnya yang kurang adalah tidak adanya foto galery dan eye spalshing themes. Untuk masuk ke blog city klik saja www.blog-city.com.

3.Yahoo 360, meskipun memiliki beberapa fitur keren, tapi tetap saja banyak keterbatasa. Tidak memungkinkannya seorang pengguna mengubah template sebebas mungkin dan menempel-nempel widget, membuatnya tidak ada apa-apanya untuk bertanding dengan para pemain jasa blogger.

4.MSN Live Spaces, dapat ditemukan di www.space.live.com adalah salah satu alat buat ngeblog yagn diperkenalkan oleh perusahaan terkenal Microsoft.
Blog tools in telah terintegrasi dengan MSN messenger, dan memiliki fitur seperti foto, galery, kesanggupan untuk mengirim konten berupa SMS ke sebuah perangkat mobile dan terintegrasinya dengan MyMSN. Fitur semacam itu tidak ditemukan di sebuah alat blogging.

5.Wordpress, fitur yang disediakan cukup lengkap. Ada statistik terintegrasi dena lainnya. Tetapi hanya satu kekurangannya, yakni lebih untuk advance user. Untuk pemula terkesan sulit menggunakannnya, karena blog ini terdiri dari beberapa menu yang memusingkan dan menunya tidak padat seperti blogger. Untuk mencobanya silahkan kunjungi www.wordpress.com

6.Beberapa penyedia blog gratis lainnya, seperti www.blogsome.com dan www.multiply.com

Sebagai langkah awal bagi pemula, saya sarankan agar adan menggunakan blogger sebagai langkah awal. Untuk membuat blog melalui fasilitas blogger anda harus memiliki acount mail di google.
Buka halaman resmi Gmail yang berada pada mail.google.com. Ingat penulisan dalam alamat URL tersebut tidak perlu ditambahi http:// ataupun www.
Setelah halaman Gmail terbuka , maka tekan sign up for Gmail. Tidak lama akan muncul halaman formulir untuk diisi. Isilah formulir tersebut sesuai dengan apa yang diminta, setelah terisi dengan baik maka tekan tombol I Accept. Create my account.
Selamat yah, kita berhasil membaut email di Google.

Langkah membuat blog melalui blogger

1.Buka alamat http://www.blogger.com

2.Klik link berupa gambar panah bertuliskan “CIPTAKAN BLOG ANDA SEKARANG

3.Ciptakan Sebuah akun Google. Pada halaman tersebut berisi formulir pendaftaran yang harus diisi untuk mendapatkan akun google. Isi semua kolom yang tersedia di halaman tersebut.
Jangan lupa untuk email diisi sesuai dengan emai yang didapat dari Gmail sebelumnya, begitu juga dengan passwordnya. Setelah terisi semua segera klik LANJUTKAN.
4.Beri nama blog anda
Inilah halaman untuk memberi nama pada blog yang akan diciptakan.
* Pada kolom pertama masukan sebuah judul blog
* Pada baris kedua alamat blog (URL) isikan kata-kata yang menjadi alamat blog kita nanti. Jadi bila kita isikan dengan kata myblog, maka blog kita nantinya akan beralamatkan http://myblog.blogspot.com. Pilihlah kata-kata yang tidak terlalu panjang agar anda tak kerepotan saat mengetik alamat sebuah blog.
* Abaikan bagian dibawanya (Setup Tingkat Lanjut) bila kita masih tetap menggunakan blogger.com sebagai hostingan blog kita.
* Lanjutkan dengan menekan tombol panah LANJUTKAN

5.Akan muncul notifikasi maaf, alamat blog ini tidak tersedia. Pemberitahuan ini muncul hanya bila kata-kata yang baru saja kita ketikan ternyata sudah terpakai oleh pemilik blog lain.
Dibawah akan muncul beberapa alternatif pilihan yang bisa kita pakai sebagai penggantinya. Bila sekiranya ada nama yang cocok ketik saja pada alamat blog.
Setelah itu kembali ke tombol panah LANJUTKAN .
6.Pilih sebuah template.
Kini saatnya menentukan tampilan templat sebagai bungkus perwajahan blog. Ada berbagai pilihan yang bisa dipilih. Tarik scroll ke bawah untuk melihat keseluruhan template yang tersedeia.

Tips:
Pilihlah template yagn sesuai dengan tema tulisan blog anda. Tentunya blog anda akan memiliki tema, kan?. Andaikan anda akan menulis blog yang kaya akan tulisan mengenai komputer atau pengembangan teknologi, maka anda bisa memilih template dengan dominasi warna biru. Atau, bila isi blog kita bermateri foto anak, kita bisa memilih template yang berwarna cerah.
Saya sarankan anda mencoba minima dulu sebagai langkah awal, karena template sebenarnya bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan kita.
Kemudian setelah memilih salah satu, maka klik tombol LANJUTKAN

7.Blog anda telah diciptakan!
Selamat, bila anda membaca tulisan tersebut itu artinya anda telah berhasil menciptakan sebuah blog!. Langkah penting selanjutnya adalah mengisi blog dengan menulis postingan yang akan kita bahas selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjual Produk

Promosi Blog Anda