Lakukan Riset pasar


Setelah menjadi affiliasi untuk kategori produk tertentu, anda perlu melakukan riset pasar. Hal ini penting dilakukan. Jika anda berpikir tidak perlu melakukan apa-apa lagi, jelas itu salah, karena setelah menjadi affiliasi anda ibaratnya sebagai sales, jadi bagaimana taktik anda untuk menjual barang dagangan tersebut sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan melakukan riset pasar lebih dulu.

Langkah-langka yang dilakukan, diantaranya:

1.Amati Kondisi Pasar. Cari dan ikuti informasi terbaru tentang kondisi pasar yang berkaitentang produk itu. Selanjutnya untuk mencari tahu informasi lebih lanjut gunakan mesin pencartan dengan produk yang anda jual. Amati merchant yang memiliki angka penjualan terbaik. So jangan lupa pelajari juga komentar para ahlii (search engine).

2.Analisa Permintaan. Untuk mengukur permintaan produk, anda bisa membuat daftar kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk anda. Contoh anda menjadi affiliasi produk ebook. Cari brand-brand ebook yang terkenal dan sedang booming. Tuliskan beberapa brand saja, dan gunakan mesin pencari serta masukkan brand-brand tersebut dalam Keyword Selector Tool. Setelah anda menekan enter, anda bisa melihat urutan brand dari yang paling banyak di cari sampai yang paling sedikit. Jadi, pada tahap ini anda bisa tahu seberapa besar tingkat permintaan pengunjung terhadap produk anda.

3.Amati Pesaing. Setelah anda tahu produk anda cukup diminati, lanjutkan riset anda dengan melihat para persaingan antar penjual. Ada dua cara untuk mengetahuinya:

1. Paid Search Listings. Ini dipakai untuk mencari daftar affiliasi pesaing anda. Anda bisa gunakan search engine terpopuler seperti google, yahoo, atau MSN untuk Paid Search Listing. Biasanya menu ini terletak di pojok kanan atas dan bertanda ”Sponsored Results”. Selanjutnya, anda bisa memasukkan keyword yang sudah anda buat.

2. Search Listings Biasa. Tidak jauh beda dengan paid search listings. Misal anda menggunakan google, masukkan saja keyword anda dan tekan enter. Jika keyword anda terdiri lebih dari satu kata, tambahkan tanda petik (””).
Lakukan hal-hal tersebut diatas karena selaing berkaitan dan berpengaruh terhadap program affiliasi yang anda ikuti.

  • Jika tidak mengamati kondisi pasar. Karena tidak mengamati pasar, anda tidak menyadari kalau produk yang anda jual sudah ketinggalan jaman, sudah tidak ngetrend lagi. Bahkan sudah ada produk terbaru yang menggantikannya. Sehingga anda perlu anda meng-up date informasi tentang produk apa yang paling digemari sekarang.
  • Jika tidak menganalisa produk. Jika ini tidak dilakukan maka anda tidak akan tahu kalau produk anda tidak memiliki peminat.
  • Jika tidak mengamati persaingan. Jika ini tidak dilakukan anda tidak akan tahu persaingan yang anda hadapi sangat kompetitif. Dan, mungkin saja harga produk yang anda jual terlalu mahal dibanding produk lain. Dalam situasi seperti ini dapat dipastikan produk anda tidak akan laku.


Selamat Mencoba dan Bekerja!!!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjual Produk

Promosi Blog Anda

Memulai Bisnis Online II